Friday, August 1, 2008

Kakek 60 Tahun Genjot Sepeda Kebo 50km

bermodalkan semangat '45 & otot seadanya.
"Tua-tua keladi-makin tua makin menjadi". Sebutan itu selintas terdengar seperti sebutan untuk kakek-kakek genit. Tetapi dalam urusan kali ini memang melibatkan kakek-kakek, tetapi bukan kakek yang genit dan centil, melainkan kakek-kakek yang makin menjadi dalam urusan menggenjot sepeda kebo.


Kalau soal semangat, kakek-kakek berusia 45-60 tahun ini tidak kalah hebat dari anak-anak muda kebanyakan. seperti mbah Kasri(60) misalnya, beliau mengaku semangatnya yang sekarang lebih hebat jika dibandingkan waktumudanya dulu. Kalau waktu kecil memang terpaksa bersemangat '45 demi mengusir penjajah, tapi waktu muda semangat beliau turun dan sekarang saat tua semangat beliau kembali bergelora.

Jika semnagt sudah meyakinkan, kekuatan perlu dipertanyakan. Kakek-kakek atau mbah-mbah ini mengaku tubuh mereka segar bugar berkat hasil mengayuh sepeda kebo. Memang pada awalnya mereka kecapekan dan perlu banyak istirahat ketika berpawai keliling kota. Namun pada akhirnya mereka mulai terbiasa dan menikmatinya.

Kakek-kakek ini tergabung dalam sebuah klub pecinta sepeda kebo yang berlokasi di Jl.Bandarejo III Rt5 Rw5 Surabaya, yaiti "Paguyuban Sepeda Kebo Golek Kontjo" atau biasa disingkat PSK-GK. Jumlah anggotanya lumayan banyak untuk ukuran klub yang belum genap 1 tahun, yaitu 40 orang.

Acara rutin mereka yaitu bersepeda keliling kota ataupun kecamatan setiap minggu pagi. Kalaupun ada acara-acara khusus, paling banyak hanya 2 kali dalam sebulan. Mereka mengaku mengikuti acara tersebut kebanyakan untuk mempererat tali silaturahmi antar pecinta sepeda kebo.

Seperti kali ini misalnya, mereka mengikuti acara "Genjot Kebo Mojokerto-Lamongan" yang diselenggarakan oleh perusahaan rokok Djarum 76 untuk memperingati kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-63.

Start dilakukan pada pagi hari tanggal 27 Juli 2008 di alun-alun kota Mojokerto. Pesertanya tidak hanya berasal dari kawasan sekitar Mojokerto dan Lamongan saja, melainkan ada yang berasal dari luar daerah, provinsi, dan bahkan ada yang datang jauh-jauh dari Kalimantan.


Semangat'45 dan otot seadanya dari para kakekpun diuji. Mereka harus menempuh jarak Dari alun-alun kota Mojokerto hingga Tugu kota Lamongan yang kira-kira berjarak 50km. Sebuah jarak yang sangat meghebohkan bagi para kakek yang mengikuti acara itu.

Mereka harus melewati medan-medan yang telah ditentukan oleh panitia penyelenggara. Melewati tanjakan dan turunanyang curam, tak terelak juga jalan yang rusak dan berbatu. Mareka juga harus melewati rute yang cukup sulit, yaitu melewati jalan-jalan kecil di tengah hutan dan juga jembatan bambu di atas sungai yang cukup lebar.

Dan pada siang harinya, tugu kota di Lamongan menjadi saksi ketangguhan semangat muda para kakek dari seluruh penjuru daerah. Mereka semua tiba dengan selamat tanpa ada yang terluka ataupun cedera.


Di sana, mereka beristirahat sambil bersenda gurau maupun berkenalan dengan pecinta sepeda kebo dari daerah lain. Diselingi dengan alunan musik dari O.M. Parahiyangan, mereka berjoget ria sambil melupakan susahnya medan yang telah mereka tempuh.


Sebelum acara berakhir, pihak penyelenggara mengadakan Doorprize Undian Berhadiah dengan hadiah utama sebuah sepeda motor Honda Mega Pro. Dan Alhamdulillah, PSK-GK berhasil mendapatkan hadiah harapan 3, yaitu sebuah sepeda gunung. Rencananya, sepeda gunung tersebut akan dijual atau dilelang. Dan uang hasil penjualannya dimasikkan ke dalam kas anggota.

Dan karena semangat mereka sudah ditumpahkan dari pagi, otomatis mereka tidak sanggup lagi mengayuh sepeda hingga Surabaya. Akhirnya mereka sepakat menyewa pick-up bak terbuka untuk mengantarkan mereka pulang.


Mereka pulang dengan hati yang gembira, pengalaman yang kian bertambah, dan banyak pula teman yang bertambah. Belum lagi kesenangan-kesenangan yang mereka dapatkan selama mengayuh sepeda bersama-sama.

Itulah bukti bahwa semangat bisa melahirkan banyak hal positif jika dipergunakan dengan benar. Dan akan berlipat ganda bila disertai dengan kekuatan yang cukup.

Kita sebagai anak muda, tak boleh kalah bersemangat dengan para orang tua. Maknailah kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-63 ini dengan penuh Semangat yang membara. Dan isilah kemerdekaan denagn sesuatu yang patut dibanggakan. MERDEKA!!!!!!!! 3x

5 comments:

  1. busyet dech tuh betis...salut dech.


    Visit W3Schools!

    ReplyDelete
  2. keyword ranking tool seo optimize backlinks backlinks checker

    ReplyDelete
  3. hi all usumewongedan.blogspot.com admin found your blog via yahoo but it was hard to find and I see you could have more visitors because there are not so many comments yet. I have found website which offer to dramtically increase traffic to your site http://xrumerservice.org they claim they managed to get close to 1000 visitors/day using their services you could also get lot more targeted traffic from search engines as you have now. I used their services and got significantly more visitors to my site. Hope this helps :) They offer google pagerank seo org backlinks quality backlinks Take care. John

    ReplyDelete
  4. Naked Stars From Spain 10 Pictures Added 16/02-2012. [url=http://backarticles.info/looking-for-nude-model-for-your-shoot.html]backarticles.info/looking-for-nude-model-for-your-shoot[/url]

    ReplyDelete

Is that good article and have all of information did you need? Help me to write a comment here.
THANK YOU
contact me: pendekar_bermata_jahat@yahoo.co.id